5 Jalan Tol Indonesia dengan Panorama Indah

5 Jalan Tol Indonesia dengan Panorama Indah

Posted on

aslilamongan.com

Jakarta – Saat libur nataru, jalan tol kerap menjadi sarana umum andalan masyarakat. Selain suasana macet ketika mudik, beberapa jalan tol di tempat Indonesia juga punya panorama pemandangan indah. Dilansir dari berbagai sumber inilah jalan tol di dalam Indonesia yang dimaksud miliki pemandangan indah: 

1. Tol Pandaan-Malang 

Ruas Tol Pandaan – Malang memang benar berbeda melebihi jalan tol lainnya. Jalan Tol yang digunakan menjadi bagian dari Trans Jawa ini menawarkan pemandangan area istirahat yang mana indah sehingga mengundang orang untuk ber-selfie alias swafoto.

Area peristirahatan tol Pandaan-Malang ini berhadapan segera dengan Gunung Semeru dalam sisi timur, Gunung Arjuno sisi barat, ditambah Gunung Penanggungan. Kondisi ini amat menguntungkan, dikarenakan pengguna tol ini umumnya ingin menuju Malang untuk berwisata. Pemandangan indah yang disebutkan mampu didapatkan dalam KM 8 kemudian KM 27 tol Pandaan-Malang.

2. Tol Soreang-Pasirkoja

Dilansir dari blog.pigijo.com, jalur tol Soroja ini berada dalam kawasan Wilayah juga Pusat Kota Bandung. Di jalur ini, terlihat Terlihat hamparan gunung yang mana megah seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Stadion Si Jalak Harupat, juga lainnya. Apalagi bila pada waktu cuaca cerah, panorama dalam di sini nampak seperti penampakan surga dunia.

3. Tol Cikopo-Palimanan

Tol Cipali menghubungkan wilayah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Tol Cikopo Palimanan menjadi ruas jalan tol terpanjang pada pulau Jawa sekaligus menjadi ruas jalan tol terpanjang ketiga dalam Indonesia.

Saat sampai di dalam KM 181-182, akan terlihat batu bleneng yang digunakan berdiri kokoh. Sebuah batu yang digunakan dianggap keramat oleh warga setempat. Meskipun dibiarkan secara alami, justru mampu mempercantik jalan tol. Tak semata-mata itu, sisa rute lainnya pemandangan diisi dengan pemukiman warga dan juga pegunungan.

4. Tol Bali-Mandara

Tol ini berbeda dengan tol di tempat Jawa atau Sumatera. Tol Bali-Mandara sebagian besar terletak di area menghadapi hamparan laut. Jalan tol yang menjadi penghubung Kuta, Sanur lalu Nusa Dua ini menjadi objek wisata tersendiri. Banyak yang dimaksud sengaja melintasi tol Bali Mandara untuk menikmati pesona yang tersebut ada. Laut biru kemudian pohon-pohon mangrove dan juga pulau buatan.

Keindahan panorama tol ini akan semakin terasa ketika matahari terbenam. Warna langit yang jingga merah muda memproduksi mata siapa sekadar akan terpukau. 

5. Tol Medan-Tebing Tinggi

Dikutip dari bpjt.pu.go.id, ruas tol Medan – Tebing Tinggi ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera dengan jalan Tol Belmera. Tol ini menjadi penghubung Medan, Tebing Tinggi, lalu Bandar Internasional Kualanamu. Di sepanjang jalan, pengendara akan menikmati pemandangan hijau yang digunakan masih asri.

ANANDA RIDHO SULISTYA | ANTARA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *